Obati Ayam Bangkok Aduan Yang Terserang Penyakit Tetelo



Di dunia judi sabung ayam, memberikan perawatan pada ayam petarung pasti menjadi pekerjaan yang wajib bagi setiap bobotoh untuk meningkatkan kualitas tarung di arena sabung ayam. Dengan terjaganya ayam bangkok maka kualitas tarung dalam arena akan semakin apik saat melawan rivalnya di arena sabong. Hal yang harus diperhatikan oleh para bobotoh adalah merawat ayam aduan hingga tidak terserang berbagai penyakit.

Penyakit tetelo atau dalam istilah medis diketahui dengan istilah Newcastle Diseasevirus (ND) adalah salah satu jenis virus cukup beresiko yang sering kali menyerang ayam bangkok aduan. Apabila ayam aduan yang telah terserang penyakit ini dapat mengalami kematian dan sulit untuk sembuh jika tidak ditangani dengan cepat.

Pada intinya, penyakit tetelo adalah penyakit kedua yang sangat menakutkan setelah penyakit flu burung. Bagi beberapa peternak ayam bangkok tentu saja akan dirugikan jika sampai terserang penyakit itu. Pasalnya dari 90 sampai 100%, ayam bangkok yang terserang virus ini umumnya akan berakhir dengan kematian.

Selain itu, penyakit tetelo pada intinya menyerang semua jenis ayam baik yang masih berusia anakan, muda atau yang telah dewasa. Penyakit tetelo seringkali muncul pada musim pancaroba khususnya seperti musim saat ini. Untuk itu para bobotoh harus dapat mengecah ayam aduannya terserang penyakit ini di musim pancaroba.

Untuk penyebarannya dapat melalui beberapa langkah seperti melalui ludah, feses, minuman dan makanan. Tidak hanya itu, proses penyebaran melalui udara juga dapat menjadi salah satu media dalam menularkan penyakit satu ini serta semakin mudah dalam menyebar kemana-mana.

Gejala Ayam Bangkok Aduan Terserang Penyakit Tetelo


Pada umumnya ayam aduan juara dalam waktu singkat akan mati apabila telah terserang penyakit mematikan ini. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, Agen Club388 akan membahas tentang cara mengobati ayam aduan juara yang terserang penyakit tetelo pada artikel kali ini. Dengan begitu, di saat ayam aduan anda mengalami gejala penyakit tetelo anda dapat langsung melakukan pengobatan agar tidak terjadi kematian.

Ayam bangkok aduan yang terserang penyakit tetelo dapat diketahui dengan melihat gejala-gejala seperti berikut :

  1. Feses yang dikeluarkan akan berbentuk encer putih setengah bagian (seperti cat putih tercecer di lantai), sebagian lagi lembek tapi tidak encer berwarna agak kehijauan.
  2. Ayam akan menjadi lemas, lesu serta nafsu makan yang berkurang
  3. Kotoran encer putih akan semakin dominan bahkan menyeluruh disertai dengan gejala demam tinggi.
  4. Jengger pada ayam bangkok akan tampak kebiruan, tembolok mengeras, terganggunya sistem pernafasan pada sang ayam.
  5. Bersin disertai ngorok akan muncul, dibarengi dengan demam yang semakin tinggi sehingga mampu membuat kaki dan tubuh menjadi gemetar.
  6. Kejangnya leher pada ayam bangkok aduan yang disertai dengan kaki yang menjadi lumpuh.

Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Bangkok Aduan


Sampai saat ini, penyakit tetelo sendiri adalah salah satu penyakit yang termasuk bahaya dan akan berakibat fatal apabila yang telah terserang penyakit ini. Serta dalam dunia medis masih belum dapat mendapatkan jenis obat untuk menyembuhkan penyakit satu ini. Untuk itu disini kami akan memberikan kepada anda obat trandisional yang diyakini dapat menyebuhkan ayam aduan yang terserang penyakit tetelo.

  1. Pemberian ramuan Kunyit 1 cm, Kencur 1/2 cm, dan Bawang Putih setiap 3 x dalam seminggu yang sudah ditumbuk dapat membantu dalam mencegah penyakit tetelo menyerang
  2. Selain kencur, mencampurkan Kunyit, Bawang Putih dan daun Pepaya yang diberikan secara rutin juga dapat digunakan dalam mencegah penyakit satu ini.
  3. Pemberian daun sirih juga dapat menyembuhkan 3 ekor Ayam Bangkok dewasa yang baru terkena tetelo
  4. Memberikan campuran beberapa tanaman obat dari rimpang kunyit putih, daun sirih merah (sangat pahit), sambiloto (sangat pahit), temu kunci.
  5. Memberikan campuran kunyit putih, sambiloto dan temu kunci. Campuran ini juga mampu menyembuhkan ayam bangkok dewasa yang baru terkena penyakit ini.
Dalam proses perawatan diwajibkan melakukan secara rutin dan tidak sembarangan dalam hal pemberiannya. Cara diatas dapat bobotoh terapkan apabila ayam bangkok juara belum parah terserang penyakit tetelo ini. Selain itu, perawatan rutin ayam bangkok juga perlu dilakukan agar mencegah terserang berbagai penyakit yang akan menyerang ayam petarugnnya.

Ayam petarung yang telah terserang penyakit tetelo umumnya akan mengalami penurunan nafsu makan. Sehingga akan membuat ayam aduan lemah, bahkan untuk berdiri saja tidak sanggup lagi. Oleh karena itu, 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ayam Aduan Mabung, Air Cucian Beras Solusinya

Menambah Stamina Ayam Aduan Dengan Ginseng