Teknik Menjaga Ayam Bangkok Aduan Agar Tidak Stress


Di dunia judi sabung ayam, memberikan perawatan pada ayam petarung pasti menjadi pekerjaan yang wajib bagi setiap bobotoh untuk meningkatkan kualitas tarung di arena tarung. Dengan terjaganya ayam bangkok maka kualitas tarung dalam arena akan semakin apik saat melawan rivalnya di arena. Ayam aduan yang sehat tidak mudah terserang penyakit bahkan hingga stress yang melandanya.

Nyatanya stress pada ayam aduan memang sangat berbahaya dan jika dibiarkan begitu akan menyebabkan daya tarung ayam menurun bahkan mudah terserang penyakit. Hal ini tentu harus di antisipasi oleh para bobotoh terhadap ayam aduannya agar tidak stress selama masa perawatan. Apabila dibiarkan tentu akan memberi dampak buruk pada ayam aduan juara bahkan terhadap bobotoh sendiri.

Ayam aduan yang sedang stress sudah dapat dipastikan tidak dapat mengikuti pertarungan di arena karena turun mental. Apabila di paksa beradu di arena secara otomatis akan kalah dan hanya membuat ayam terluka. Maka dari itu, bobotoh dapat mengatasi stress pada ayam aduan juara agar tidak semakin bertambah parah.

Tips Menjaga Ayam Bangkok Aduan Agar Tidak Stress


Pada umumnya ayam aduan juara stress dikarenakan beberapa faktor sekitar yang dapat menyebabkan ayam aduan stress. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, Agen Club388 akan membahas tentang tips menjaga agar ayam aduan tidak mudah stress.

1. Temperatur Kandang

Temperatur dalam kandang ayam aduan pada intinya dapat menjadi penyebab munculnya stress pada ayam aduan. Dimana temperatur yang panas akan mudah menyebabkan ayam mengalami dehidrasi sehingga lebih sering minum daripada ambil pakannya. Sedang bila begitu dingin bisa mengakibatkan sifat kanibalisme serta memengaruhi konsumsi pakan. Untuk penyelesaiannya dengan menjaga temperatur kandang agar ada dalam kondisi normal yaitu tidak panas atau dingin.

2. Kandang Yang Sempit

Selanjutnya ialah penempatan ayam aduan dalam kandang dengan ukuran yang sempit hingga membuat tidak bebas bergerak serta mengakibatkannya menjadi stress. Oleh karena itu pastikan selalu untuk menempatkan ayam aduan dalam kandang yang sesuai ukuran tubuhnya dan jumlahnya. Ini akan mejaga pertumbuhan ayam agar capai titik maksimal.

3. Tersedianya Saluran Udara

Kandang yang ideal tentu harus dilengkapi dengan saluran udara yang lancar hingga nanti ayam aduan bisa bernafas secara baik. Mengenai ini akan memengaruhi proses perputaran udara dalam kandang hingga ayam akan menerima udara yang segar dan bersih. Tidak sama dengan keadaan kandang yang pengap dimana nanti akan mudah menimbulkan stress pada ayam aduan.

4. Pemberian Vaksin

Setelah itu pemberian vaksin dengan tujuan meningkatkan ketahanan tubuh sekaligus juga kualitas tarung. Aksi ini telah menjadi pekerjaan wajib setiap bobotoh hingga harus dilakukan. Mengenai dalam pemberiannya juga harus sesuai dengan manfaat serta umur pada setiap ayam sehingga tidak sembarangan. Ditambah dalam proses pemberiannya juga harus aman hingga tidak melukai si ayam yang dapat menjadi penyebab timbulnya stress. Umumnya pemberian vaksin bisa dilakukan melalui injeksi, melalui air minum, tetes mata atau hidung, semprot dan lain-lain.

5. Faktor Lain

Terakhir serta seringkali terjadi ialah ada masalah dari makhluk hidup lain. Katakan saja seperti masalah dari suara yang keras serta berisik seperti petasan serta suara kendraaan yang keras yang melalui sekitar kandang. Serta yang seringkali terjadi ialah karena gangguan dari binatang lain. Untuk mengatasinya saat ini bobotoh bisa coba memasang pagar di sekitar kandang agar ayam aduan masih aman.

Comments

Popular posts from this blog

Obati Ayam Bangkok Aduan Yang Terserang Penyakit Tetelo

Beberapa Cara Mengobati Mata Ayam Bangkok

Menambah Stamina Ayam Bangkok Aduan Dengan Latihan Rutin