Cara Memandikan Ayam Bangkok Adua Yang Tepat dan Benar

Di dunia sabung ayam s128, menjaga jenis ayam bangkok aduan pasti menjadi pekerjaan wajib setiap bobotoh sabung ayam. Dimana ini nanti akan membantu ayam dalam proses pembentukan petarung juara di ajang pertandingan sabung ayam. 

Beberapa langkah bisa diterapkan dalam persiapannya, diantaranya seperti memandikan sampai menjemur yang sangat penting dilakukan. Dimana kecuali membuat ayam kelihatan bersih serta segar tetapi perawatannya ini dapat membantu membuat otot ayam menjadi keras. Disamping itu, tampilan ayam yang terawat dapat meningkatkan harga jual yang dimiliki. 

Biasanya proses memandikan dan menjemur ayam ini dapat diterapkan saat berada di umur tujuh bulan. Mengenai dalam tahap pengerjaannya pun tidak sembarangan tetapi ada tata cara pengerjaannya. Untuk tahu lebih lanjutnya akan kami ulas langsung yaitu dalam artikel ini secara singkat agar bobotoh dapat lebih memperhatikan cara memandikan dan menjemur ayam bangkoknya.


Cara Memandikan Ayam Bangkok Hingga Proses Menjemur Yang Benar

Proses memandikan ayam disarankan untuk diterapkan pada pagi hari sekitar jam 08.00 dengan memperhatikan kondisi cuaca yang mendukung. Selanjutnya siapkan gabus atau spons dan air bersih dan handuk kering. Diingatkan tidak untuk menggunakan air panas atau hangat sebab bisa mengakibatkan kerusakan pertumbuhan bulu. 

Serta berikut tahap pemandian pada ayam bangkok aduan yang tepat dan benar sesuai dengan saran dari botoh berpengalaman. 
  • Pertama apit terlebih dahulu tubuh ayam menggunakan kedua kaki dengan posisi membelankangi kita.
  • Kemudian tundukan kepala ayam untuk dibasuh dengan busa atau spons yang sudah diberi air. Cara ini nantinya akan mempermudah air yang membasahi wajah ayam untuk turun.
  • Dilanjutkan ke daerah leher ayam yakni dengan satu tangan memegang leher dan satunya lagi menguyur air secara perlahan. Terapkan hingga ke bagian tenguk dan pankal sayap ayam.
  • Setelahnya lap leher ayam menggunakan handuk kering agar bulu ayam tidak terlalu banyak menyerap air. Basuh juga daerah dada ayam hingga ke bawah sampai ke bagian belakang (kloaka). Perlu diingat untuk memastikan daerah kloaka tetap bersih karena banyaknya kotoran yang menempel.
  • Untuk bagian sayap, ketiak dan bagian paha serta kaki ayam basuh menggunakan handuk basah hingga benar-benar bersih.
  • Hindari untuk memandikan bagian punggung karena jika terlalu banyak menyerap air dapat merusak bulu sehingga menjadikannya mudah rontok dan patah.
  • Terakhir adalah membersihkan daerah brutu atau dubur ayam.
Setelah itu proses menjemur ayam aduan di bawah cahaya matahari secara langsung. Pastikan kondisi cuaca tidak mendung sebab akan perlambat proses pengeringan bulu hingga nanti menjadi rusak serta kusam. Untuk prosesnya sendiri jangan dilakukan terlalu lama atau sampai jam 10.00 sebab sinar matahari masih bagus untuk tubuh ayam. 

Manfaat Memadikan dan Menjemur Ayam Aduan

Kenyataannya ada beberapa manfaat yang diberi proses dari memandikan sang ayam. Seperti bersihkan badan ayam dari kotoran melekat, menjadikan bulu mengkilap, mengembalikan kondisi fisik serta mental usai bertanding, tingkatkan kepercayaan diri serta pesona ayam sampai menjadikan ayam tidak mudah sakit. 

Mengenai untuk proses menjemur memberi manfaat yang tidak kalah baik untuk tubuh ayam. Vitamin D yang diterima dari cahaya matahari ini nanti akan membantu pertumbuhan bulu serta tulang ayam. Disamping itu ini akan meningkatkan stamina serta nafas tarung ayam hingga lebih agresif serta bisa bertarung dalam laga panjang. 

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan kapada para bobotoh, nantikan pembahasan kami lainyna mengenai sabung ayam club388 bersama taji-s128.

Comments

Popular posts from this blog

Obati Ayam Bangkok Aduan Yang Terserang Penyakit Tetelo

Beberapa Cara Mengobati Mata Ayam Bangkok

Menambah Stamina Ayam Bangkok Aduan Dengan Latihan Rutin