Faedah Pemberian Tomat Untuk Ayam Bangkok Aduan

Di dunia sabung ayam s128, perawatan pada ayam bangkok aduan sudah pasti menjadi pekerjaan wajib bagi setiap bobotoh sabung ayam. Dimana ini nanti akan memengaruhi kualitas tarung ayam hingga mudah dalam memenangi di setiap ajang pertandingan laga adu ayam hingga menjadi jawara. 

Perawatan pada ayam aduan sendiri bermacam macam, diantaranya seperti pemberian tomat yang hingga saat ini masih jarang diketahui. Tomat sebenarnya kaya akan kandungan mineral dan vitamin, faktanya pemberian tomat pada ayam dapat memberikan banyak manfaat yang baik. Disamping itu, tomat memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti protein, karbohidrat, kalori serta lemak, serta masih banyak lagi yang belum diketahui oleh bobotoh.

Kaya akan manfaat tetapi dalam pemberiannya harus juga diperhatikan sebab tidak bisa sembarangan diberi. Adapun pada artikel kesempatan ini, kami yang mendukung bobotoh dalam menjaga/merawat ayam bangkok aduannya akan menjelaskan manfaat dan proses pemberian tomat yang benar dalam pembahasan dibawah ini


Faedah Pemberian Tomat Untuk Ayam Bangkok Aduan

1. Tingkatkan Stamina Tarung

Stamina tarung yang kuat pasti jadi modal penting bagi setiap ayam aduan saat akan bertanding, dimana ini akan menjadikan ayam dapat menjalani pertandingan panjang. Kecuali latihan serta asupan jamu, kenyataannya pemberian tomat diakui dapat meningkatkan stamina ayam. Dimana kandungan vitamin B3 serta vitamin E nanti akan menyalurkan oksigen ke semua badan hingga memengaruhi nafas ayam menjadi panjang. 

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ayam aduan dengan daya tahan tubuh yang baik pasti menjadikannya tidak gampang sakit atau terserang penyakit berbahaya. Ada beragam cara dalam meningkatkan daya tahan tubuh ayam mulai dari penyuntikan vaksin, perawatan spesial sampai konsumsi nutrisi yang seimbang. Diantaranya seperti pemberian buah tomat yang tinggi akan kandungan nutrisi. 

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat pasti mempengaruhi langsung kualitas tarung sang ayam di arena. Mengenai pemberian buah tomat dapat menjadi salah satu langkah alternatifnya. Kandungan air serta serat yang tinggi ini nanti dapat membunuh bakteri jahat. Serta penggunaannya dapat digunakan dalam mengobati penyakit berak kapur serta berak darah pada ayam. 

4. Menjadikan Tubuh Ideal

Tubuh yang baik pasti membantu ayam bangkok aduan jadi gesit saat bertanding. Oleh karena itu penting jaga badan ayam agar tidak berlebihan sebab bisa membuat sulit sampai malas bergerak. Mengenai pemberian tomat dipandang dapat membakar lemak berlebih hingga dapat menjaga berat badan ayam supaya masih ideal serta masih gesit bergerak. 

5. Menyuburkan Reproduksi Ayam

Kaya akan kandungan asam folat, peranan tomat dapat dalam meningkatkan reproduksi ayam aduan. Lebih kepada ayam jantan dimana akan meningkatkan vitalitas ayam hingga membuatnya lebih agresif serta mental ikut naik. Disamping itu, tomat diakui dapat menyehatkan sel-sel saraf ayam. 

Pemberian Tomat Pada Ayam Aduan Yang Benar

Meskipun kaya akan manfaat serta baik bagi tubuh ayam, kenyataannya dalam pemberian tomat sendiri tidak bisa sembarangan dilakukan. Yaitu sebagai berikut. 
  • Jangan berikan buah tomat setiap hari tetapi cukup 2-3 hari sekali 
  • Sesuaikan porsi pemberiannya dengan usia ayam, dimana untuk ayam umur 6-8 bulan dapat diberikan tomat ukuran ibu jari. Sedang untuk ayam dewasa cukup 2 potongan sebesar ibu jari. 
  • Disarankan tidak untuk memberi tomat pada ayam berumur dibawah dari enam bulan 
  • Terakhir pemberian tomat tidak disarankan untuk diberi saat musim hujan sebab bisa menyebabkan penyakit diare.

Comments

Popular posts from this blog

Obati Ayam Bangkok Aduan Yang Terserang Penyakit Tetelo

Beberapa Cara Mengobati Mata Ayam Bangkok

Menambah Stamina Ayam Bangkok Aduan Dengan Latihan Rutin