Beberapa Cara Mengobati Mata Ayam Bangkok



Di dunia judi sabung ayam, memberikan perawatan pada ayam petarung pasti menjadi pekerjaan yang wajib bagi setiap bobotoh untuk meningkatkan kualitas tarung di arena tarung. Bagian vital pada tubuh menjadi salah satu peran penting saat bertarung di arena. Salah satu alat vital yang sangat berguna bagi ayam aduan adalah mata ayam. Mata akan berperang sangat penting saat ayam berada di dalam arena tarung, apabila mata ayam rusak maka akan kesulitan bagi ayam untuk melakukan serangan ake lawannya ataupun menghindari serangan lawan.

Pasalnya tidak jarang bagian tubuh yang sensitif pada ayam sering mengalami masalah baik itu terinveksi cacing atau bakteri hingga tidak sengaja terkena pukulan lawan. Tentunya anda sebagai pemilik ayam enggan jika ayam anda mengalami sakit mata karena cacingan ataupun terserang penyakit. Sebagai bobotoh juga harus bisa melakukan penanganan yang cepat dan tepat di kala ayam aduannya mengalami masalah mata. Dalam hal penanganannya tentu berbeda dan harus disesuaikan dengan masalah yang terjadi pada sang ayam.

Mengenai dalam penanganannya sendiri tidak boleh sembarangan. Perlu adanya panduan yang tepat, mengingat dosis setiap obat berbeda dan harus sesuai dengan umur ayam aduan tersebut.. Oleh karena itu pada artikel kali ini, agen club388 akan memaparkan beberapa cara yang dapat mengaobati mata ayam aduan dengan menggunakan berbagai macam jenis obat herbal maupun non-verbal.

Beberapa Cara Mengobati Mata Ayam Bangkok


1. Obat Mata Ayam Cacingan
Yang pertama ialah dalam mengatasi permasalahan mata ayam aduan yang cacingan. Umumnya masalah satu ini ditandai dengan timbulnya tahi mata yang banyak, kelopak mata yang lebam sampai mata ayam yang kerap dipejamkan. Selanjutnya saat dibuka matanya akan nampak cacing seperti rambut maka dengan segera bobotoh memberi obat berupa daun tembakau.

Untuk penerapannya mudah yaitu dengan meneteskan air perasan daun tembakau sampai 2-3 tetes. Serta dalam beberapa saat, cacing didalamnya akan langsung keluar. Langkah ini sendiri banyak dibuktikan langsung oleh para bobotoh sebab cukup baik.

2. Obat Mata Ayam Terinveksi Bakteri
Tepatnya saat musim pancaroba, mata ayam memang seringkali mengalami permasalahan karena serangan virus serta bakteri. Dimana ini membuat mata ayam menjadi berair, lebam,merah dan terlihat sayu. Mengenai cara pertama yang perlu dilakukan dengan memisahkan kandang si ayam terlebih dahulu agar tidak menyebari ke ayam yang sehat. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian obat mata diantaranya.

  • Pemakaian obat tetes mata untuk manusia dapat diberikan jika situasi mata tidak kronis salah satunya seperti jenis Lotte dan lain-lain. Kemudian teteskan tiap-tiap sore dan pagi sekitar 2-3 tetes sampai mata ayam kembali bening.
  • Selanjutnya langkah lain ialah pemakaian daun katuk, meniran, serta sirih. Bobotoh cukup memakai air perasan dari daun itu selanjutnya teteskan pada mata ayam setiap pagi serta malam hari. Tetapi bobotoh harus waspada sebab si ayam kerap kali memberontak saat diteteskan.
  • Terakhir ialah penggunaan Eye Chick jika situasi mata terlanjur parah. Untuk memperolehnya, bobotoh bisa mencarinya di beberapa toko hewan.


3. Obat Mata Ayam Terserang Pukul- Panduan Obati Mata Ayam Bangkok
Ayam aduan yang berlaga sering mendapatkan serangan langsung di bagian mata sampai menyebabkan luka sobek serta berdarah. Mengenai dalam penanganannya pasti tidak sama dengan di atas. Menurut beberapa pengalaman botoh tua dalam menangani permasalahan ini bobotoh dapat memanfaatkan pemakaian getah daun kelor.

Getah yang berwarna putih ini nanti diteteskan langsung pada mata ayam yang terluka seputar 1-2 tetes atau hingga luka telah terbaluri semua. Selanjutnya tutupi mata ayam menggunakan plester apabila besoknya masih lebam ulangi pemberiannya hingga mata ayam benar-benar pulih.

Comments

Popular posts from this blog

Obati Ayam Bangkok Aduan Yang Terserang Penyakit Tetelo

Menambah Stamina Ayam Bangkok Aduan Dengan Latihan Rutin